5 Tips Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan

Ramadhan 1444 H sudah berlangsung hampir sepekan lamanya. Seperti biasanya, bulan puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk menjalankan rencana ibadah dengan sebaik mungkin. Selain ibadah puasa, tadarus Al-Quran, sholat tarawih dan ibadah lainya tentu mengelola keuangan juga menjadi bagian yang harus kita perhatikan. Karena selain ada kebutuhan untuk lebaran nanti, kita juga mau memberikan infaq dan sedekah kita di bulan ramadhan yang penuh kebaikan ini. Tak lupa juga untuk membayar zakat fitrah.

Seringkali jika pengeluaran selama bulan ramadhan tidak kita kelola dengan baik maka keuangan kita malah menjadi boros. Maka dari itu, agar ibadah kita menjadi lebih fokus dan keuangan kita tidak bermasalah pastikan tetap cermat dan bijak selama mengatur pengeluaran selama ramadhan. Nah, berikut ini tips mudah mengatur keuangan di bulan ramadhan:

1. Mengutamakan kebutuhan daripada keinginan 

Dengan ibadah puasa di bulan suci ramadhan melatih dan mengajarkan kita untuk mengontrol hawa nafsu. Keinginan berbelanja berlebihan juga termasuk kedalam nafsu yang harus kita kendalikan. Memang akan menjadi tantangan ketika bulan puasa kita akan menginginkan untuk beli beraneka jenis makanan dan serba-serbi lainnya. Tapi inilah letak latihan untuk jiwa kita. Ketika kita bisa membedakan mana yang menjadi benar-benar kebutuhan kita dan memilah mana yang memang hanyalah keinginan saja maka jiwa kita akan lebih terlatih untuk belajar memenuhi yang butuh saja. Selain dompet jadi aman nafsu kita untuk memiliki banyak hal juga insyaallah akan lebih terkendali.

2. Membuat daftar belanja makanan

Membuat daftar menu makanan seperti menu sahur dan menu untuk berbuka menjadi hal yang penting. Nantinya daftar menu ini yang akan menjadi panduan kita saat akan berbelanja, sehingga tidak melebihi atau malah mengambil yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Dengan menentukan menu yang sesuai dengan kebutuhan keluarga selain sehat juga akan lebih hemat. Nah, maka dari itu, membiasakan membuat daftar belanja bisa menghindarkan kita dari pembelian barang yang tidak penting.

3. Mengalokasikan untuk Zakat dan sedekah

Di bulan ramadhan ini tentu kita tak mau kehilangan pahala sedekah dan infaq. Nah, bersedekah dan infaq dengan harta yang kita miliki tentu memerlukan perencanaan alokasi dari keuangan kita. Jangan sampai, kita lalai dengan sedekah dan infaq karena terlenakan dengan kebutuhan yang lainnya. Jangan lupa juga untuk menunaikan zakat fitrah yang wajib hukumnya kita tunaikan di bulan ramadhan. Dahulukan kebutuhan yang satu ini dan pisahkan dananya sejak awal, beberapa pekan sebelum hari lebaran. Jika semua sudah kita persiapkan dengan baik maka akan lebih tenang menyambut lebaran tiba.

4. Batasi buka puasa di luar

Ramadhan menjadi momen berkumpul dengan rekan-rekan dan keluarga. Apalagi disaat momen berbuka puasa. Hal ini menjadi baik jika kita tidak melakukannya secara berlebihan. Biasanya ajakan berbuka puasa di luar bersama-sama menjadi agenda yang sering diadakan. Nah, dengan lebih bijak menentukan intensitas berbuka puasa di luar akan menjadi penolong isi dompet. Dengan kata lain, mengurangi buka puasa di luar akan menghemat pengeluaran kita.

5. Konsisten dengan rencana pengeluaran

Setelah melakukan perencanaan untuk pengeluaran selama bulan ramadhan. Konsistensi menjadi kunci keberhasilan kita dalam menjalankannya. Hikmah dari berpuasa juga mengajarkan kita  untuk disiplin dalam sahur dan makan atau minum ketika sudah waktu berbuka tiba. Nah, kita juga bisa menerapkan kedisiplinan dan konsistensi dari karakter kita yang telah terbentuk saat puasa di bulan ramadhan ini.

Boros dan berlebihan dalam pengeluaran selama bulan suci ramadhan akan menjerumuskan kita kedalam mubazir. Jadi, mengatur pengeluaran dan belanja selama berpuasa juga bisa menjadi bagian dari ibadah. Selain itu, kondisi keuangan kita juga menjadi lebih aman dan teratur, agar nanti setelah lebaran masih bisa memiliki uang lebih untuk beribadah. 

Sumber:

Replubika.co.id (2023, 24 Maret). 5 Langkah Cerdas Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan. Diakses pada 27 Maret 2023, dari https://sindikasi.republika.co.id/berita/rs05k18916000/5-langkah-cerdas-mengelola-keuangan-di-bulan-ramadan

Ojk.go.id. Sambut Ramadhan Penuh Berkah Tanpa Takut Dompet Terkuras. Diakses pada 27 Maret 2023, dari https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20573

Exit mobile version