Keutamaan Sedekah: Sedekah Tidak Mengurangi Rezeki

Sedekah adalah salah satu amal yang sangat dianjurkan dalam Islam. Banyak orang berpikir bahwa memberi sedekah akan mengurangi harta mereka, tetapi sebenarnya, sedekah justru membuka pintu rezeki yang lebih luas. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dalil-dalil Al-Quran dan hadits yang menegaskan bahwa sedekah tidak mengurangi harta, melainkan sebaliknya. 

Dalil Al-Quran 

A. Allah ﷻ Berfirman Dalam Al-Quran: 

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS Al-Baqarah:245) 

Ayat ini menegaskan bahwa ketika kita bersedekah, Allah akan membalasnya dengan berlipat ganda. Sedekah bukanlah pengurang harta, melainkan investasi yang akan menghasilkan keberkahan. 

B. Allah ﷻ Berfirman Dalam Al-Qur’an:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261) 

Disini Allah ﷻ menyatakan bahwa orang yang bersedekah di jalanNya maka ia akan diganjar sebanyak 700 kali lipat, demikian besarnya ganjaran sedekah dalam kehidupan dunia dan di akhirat. 

C. Allah ﷻ Berfirman Dalam Al-Qur’an: 

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39) 

Disini Allah ﷻ menyatakan bahwa pelaku sedekah itu akan diganti rezekinya, maka kita tidak perlu takut kehilangan rezeki ketika bersedekah. 

D. Allah ﷻ Berfirman Dalam Al-Qur’an: 

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18). 

Dalam ayat ini Allah ﷻ menyebutkan orang yang bersedekah di jalanNya seperti orang yang menghutangiNya, maka Allah ﷻ adalah sebaik-baiknya dzat yang mengembalikan hutang.

Hadits Nabi Muhammad ﷺ

Rasulullah ﷺ juga telah mengajarkan tentang pentingnya sedekah. Berikut merupakah dalil-dalilnya:

A. Dalam Sebuah Hadits yang Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ Bersabda: 

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Sedekah tidaklah mengurangi harta (HR Muslim) 

Dari hadits ini, kita dapat memahami bahwa sedekah tidak mengurangi harta seorang hamba yang melakukannya. 

B. Dalam Sebuah Hadits Rasulullah ﷺ Bersabda: 

ما مِن يَومٍ يُصْبِحُ العِبادُ فِيهِ، إلَّا مَلَكانِ يَنْزِلانِ، فيَقولُ أحَدُهُما: اللَّهُمَّ أعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، ويقولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا 

Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya, lalu salah satunya berdoa; Ya Allah, berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya.  Sedangkan yang satunya lagi berdoa; Ya Allah, berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya.(HR Al-Qurthubi) 

Dalam hadits ini dijelaskan bahwa malaikat yang turun di pagi hari mendoakan orang-orang yang bersedekah dengan kebaikan. 

Sedekah merupakan adalah ibadah yang sangat dicintai oleh Allah ﷻ bahkah Allah ﷻ selalu menjanjikan orang-orang yang bersedekah di jalanNya dengan ganjaran yang berlipat ganda dan dijamin tidak berkurang rezekinya. Semoga kita selalu diberikan taufiq dan hidayah untuk bersedekah di jalanNya. 

Wallahu a’lam.

Referensi

 

 

 

 

Exit mobile version