AkhlaqAqidahMuslim LifestyleUncategorized

Faedah Dzikir Pagi dan Petang dalam Islam

Dzikir pagi dan petang merupakan salah satu amal ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dzikir berarti mengingat Allah melalui lafaz-lafaz tertentu yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Dengan berdzikir, seorang Muslim dapat merasakan kehadiran Allah dalam setiap aspek kehidupannya. Berikut ini adalah beberapa faedah dari dzikir pagi dan petang berdasarkan Al-Quran dan Hadith. 

Mendekatkan Diri kepada Allah ﷻ

Dzikir merupakan cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam Al-Quran, Allah ﷻ berfirman: 

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ 

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” [Quran 2:152]

Dengan mengingat Allah ﷻ melalui dzikir, kita akan selalu merasa dekat dengan-Nya dan merasakan kehadiran-Nya dalam setiap aspek kehidupan kita. Hal ini memperkuat ikatan spiritual kita dengan Allah ﷻ dan menjadikan kita lebih taat dalam menjalankan perintah-Nya. 

Baca Juga: Bacaan Dzikir Pagi

Mendapatkan Ketenangan Hati 

Dzikir dapat memberikan ketenangan hati bagi yang melakukannya. Allah ﷻ berfirman: 

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ 

 “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah ﷻ. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah ﷻ hati menjadi tenteram.” [Quran 13:28] 

Dengan berdzikir, hati kita akan menjadi lebih tenang dan damai, terutama di saat menghadapi kesulitan atau cobaan dalam hidup. Ketenangan ini berasal dari keyakinan bahwa Allah ﷻ selalu bersama kita dan mendengar setiap doa serta keluhan kita. 

Baca Juga: Dzikir Pagi dan Petang

Perlindungan dari Bahaya 

Dzikir pagi dan petang juga merupakan perlindungan dari berbagai bahaya, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: 

وَعَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ فِي صَبَاحِ كُلِّ يَوْمٍ وَمَسَاءِ كُلِّ لَيْلَةٍ : بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ العَلِيمُ ، ثَلاثَ مَرَّاتٍ ، إِلاَّ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ )) . رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ )) 

Dari ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba mengucapkan setiap pagi dari setiap harinya dan setiap petang dari setiap malamnya kalimat: BISMILLAHILLADZI LAA YADHURRU MA’ASMIHI SYAI-UN FIL ARDHI WA LAA FIS SAMAA’ WA HUWAS SAMII’UL ‘ALIIM (dengan nama Allah Yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan di bumi dan tidak juga di langit, dan Dialah Yang Maha Mendegar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, maka tidak aka nada apa pun yang membahayakannya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih). [HR. Abu Daud, no. 5088; Tirmidzi, no. 3388; Ibnu Majah, no. 3388. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan]. 

Dzikir ini memberikan perlindungan dari berbagai marabahaya yang mungkin menimpa kita, baik dalam bentuk penyakit, gangguan dari makhluk halus, maupun bencana alam. 

Mendapatkan Pahala yang Berlimpah 

Melakukan dzikir pagi dan petang merupakan salah satu amal yang sangat dicintai Allah ﷻ dan mendapatkan pahala yang besar. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: 

“‏ أَلاَ أُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمَالِكُمْ وَأَزْكَاهَا عِنْدَ مَلِيكِكُمْ وَأَرْفَعِهَا فِي دَرَجَاتِكُمْ وَخَيْرٌ لَكُمْ مِنْ إِنْفَاقِ الذَّهَبِ وَالْوَرِقِ وَخَيْرٌ لَكُمْ مِنْ أَنْ تَلْقَوْا عَدُوَّكُمْ فَتَضْرِبُوا أَعْنَاقَهُمْ وَيَضْرِبُوا أَعْنَاقَكُمْ ‏”‏ ‏.‏ قَالُوا بَلَى ‏.‏ قَالَ ‏”‏ ذِكْرُ اللَّهِ تَعَالَى ‏”‏ 

“Maukah kamu aku tunjukkan suatu amal yang terbaik dan paling suci di sisi Tuhanmu, dan paling tinggi derajatnya, dan lebih baik bagimu dari menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik bagimu dari berjumpa dengan musuhmu, lalu kamu memukul leher mereka atau mereka memukul lehermu?” Para sahabat menjawab, “Tentu saja, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Dzikir kepada Allah.” (Tirmidzi 3377) 

Dzikir adalah salah satu amal yang paling mulia di sisi Allah ﷻ. Pahala yang didapatkan dari dzikir ini lebih besar dari infak emas dan perak, serta lebih baik dari berjihad di jalan Allah ﷻ. 

Menghapus Dosa 

Dzikir pagi petang juga dapat menghapus dosa-dosa kita. Dalam hadith disebutkan: 

مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ‏.‏ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ، وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ 

“Barangsiapa yang mengucapkan ‘Subhanallah wa bihamdihi’ seratus kali dalam sehari, maka dihapuskan dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (Bukhari 6405, Muslim 2691)

Dengan berdzikir secara rutin, dosa-dosa kita akan dihapuskan oleh Allah ﷻ, meskipun sebanyak buih di lautan. Hal ini menunjukkan betapa besar rahmat Allah ﷻ terhadap hamba-Nya yang senantiasa mengingat-Nya. 

Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Dzikir yang konsisten akan menjadi saksi dan syafaat bagi kita di hari kiamat. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: 

مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا يَذْكُرُونَ اللَّهَ فِيهِ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَتَغَشَّتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَتَنَزَّلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ 

“Tidaklah suatu kaum yang berdzikir kepada Allah kecuali para malaikat mengelilingi mereka, rahmat Allah meliputi mereka, ketenangan turun atas mereka, dan Allah menyebut mereka di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya.” (Muslim 2700) 

Dzikir akan menjadi saksi atas keimanan kita dan dapat menjadi syafaat bagi kita di hari kiamat. Malaikat akan mencatat setiap dzikir yang kita ucapkan, dan Allah ﷻ akan menyebut kita di hadapan makhluk-Nya. 

Dzikir pagi dan petang memiliki banyak faedah yang sangat besar bagi kehidupan seorang Muslim. Dengan berdzikir, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah ﷻ, mendapatkan ketenangan hati, perlindungan dari bahaya, pahala yang berlimpah, penghapusan dosa, dan syafaat di hari kiamat. Oleh karena itu, marilah kita selalu meluangkan waktu untuk berdzikir setiap pagi dan petang agar senantiasa berada dalam lindungan dan rahmat Allah ﷻ. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya dzikir pagi dan petang. 

Referensi:
MSc, M. A. T. (2018, October 11). Meminta Perlindungan dari Bahaya pada Pagi dan Petang Hari. Rumaysho.com. https://rumaysho.com/18757-meminta-perlindungan-dari-bahaya-pada-pagi-dan-petang-hari.html

Dzikir Pagi Dan Petang | Almanhaj. (2019, April 26). Almanhaj.or.id. https://almanhaj.or.id/11518-dzikir-pagi-dan-petang.html

Devin Halim Wijaya

Master student in IIUM (Institute of Islamic Banking and Finance) | Noor-Ummatic Scholarship Awardee

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button