BisnisEkonomi IslamInvestasiKeuanganManajemen FinansialUncategorized

7 Tips Hemat Bertahan di Akhir Bulan 

Pernahkah kamu merasakan kegalauan finansial menjelang akhir bulan? Kehidupan finansial yang teratur memang seharusnya bukanlah impian semata. Maka yuk mulailah merencanakan keuangan bulanan kamu untuk menghindari kisah akhir bulan yang mendebarkan. Tapi jika saat ini kamu memang sedang berada dalam kegalauan finansial pas di akhir bulan, jangan khawatir, karena kami punya 7 tips untuk Kamu! Kami akan membagikan tips keuangan akhir bulan yang akan membantu kamu tetap tenang dan nyaman sebelum masa gajian. Bersiaplah untuk membuka pintu menuju kehidupan finansial yang lebih baik! 

1. Jangan Utang! Atur Keuangan dengan Bijak

Menghindari utang tambahan di akhir bulan adalah langkah bijak. Utang dapat menambah beban finansial yang mungkin sulit diatasi. Fokuslah pada pengelolaan keuangan tanpa harus mengandalkan utang, sehingga kamu dapat melangkah menuju kehidupan finansial yang lebih stabil. Karena Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pun juga sangat takut berhutang dan sangat takut jika hal tersebut menjadi kebiasaannya. Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallaahu ‘anhaa, bahwasanya dia mengabarkan, “Dulu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sering berdoa di shalatnya: 

“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari azab kubur, dari fitnah Al-Masiih Ad-Dajjaal dan dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian. Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari hal-hal yang menyebabkan dosa dan dari berhutang“ 

Berkatalah seseorang kepada beliau: 
“Betapa sering engkau berlindung dari hutang?” 

Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam pun menjawab: 
“Sesungguhnya seseorang yang (biasa) berhutang, jika dia berbicara maka dia berdusta, jika dia berjanji maka dia mengingkarinya” (HR Al-Bukhaari no. 832 dan Muslim no. 1325/589) 

Memang sih berhutang itu bukan suatu perbuatan dosa. Akan tetapi, dari hadits di atas ternyata dapat mengantarkan kepada kebiasaan yang dapat menimbulkan dosa yaitu saat akhirnya berdusta dan menyelisihi janji. 
 

2. Sabar, Kunci Mengatasi Kesulitan Finansial

Akhir bulan yang sulit membutuhkan kesabaran. Pertahankan sikap positif dan fokus pada solusi, bukan pada masalah. Ingatlah bahwa kesulitan finansial hanyalah ujian sementara. Dengan sabar dan tekad, kamu dapat mengatasi tantangan ini. Bahkan sabar juga merupakan ketaatan kepada Allah ta’ala sebagaimana firman Allah, 
“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imran: 200) 

3. Belanja dengan Pintar, Sesuai Prioritas

Mendekati akhir bulan, prioritas menjadi hal yang sangat penting. Gunakan dana yang tersedia hanya untuk membeli keperluan yang benar-benar penting. Jangan tergoda untuk menghabiskan uang pada barang-barang yang tidak diperlukan. Jika masih ada sisa, pertimbangkan untuk menabung atau menginvestasikannya ke dalam dana darurat. Mengelola keuangan dengan bijak akan membawa kamu ke arah yang lebih stabil. 

4. Manfaatkan Diskon dan Promo Secara Bijak

Jika memang terpaksa harus membeli sesuatu maka, jangan lewatkan kesempatan untuk berhemat dengan memanfaatkan diskon dan promo. Namun, pertimbangkan dengan cermat barang apa yang benar-benar kamu butuhkan ya. Hindari godaan belanja impulsif yang dapat merusak rencana keuangan kamu. Berbelanja cerdas akan membantu uang kamu bertahan lebih lama.

5. Bawa Bekal Sendiri, Hemat Pengeluaran dan Jaga Kesehatan

Penting untuk tetap menjaga kesehatan dan menghemat pengeluaran. Membawa bekal sendiri menjadi solusi cerdas. Selain menghemat uang yang biasanya dikeluarkan untuk makan di luar, membawa bekal juga memberikan jaminan kehalalan, kebersihan dan kesehatan.

6. Irit Kuota Internet, Pilihan Bijak di Era Digital

Kuota internet dapat menjadi sumber pengeluaran yang cukup signifikan. Jatahkan dana kuota dengan bijak, hindari mengisi ulang secara berlebihan hingga awal bulan berikutnya. Dengan mengelola penggunaan internet, kamu tidak hanya hemat secara finansial tetapi juga lebih sadar terhadap waktu yang dihabiskan secara online. Jika perlu manfaatkan tempat-tempat yang menyediakan internet gratis di sekitar kamu. 

7. Mencari Pekerjaan Tambahan, Solusi Pamungkas yang Dapat Menyegarkan Finansial

Jika kebutuhan finansial kamu meningkat menjelang akhir bulan, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan tambahan atau proyek sampingan. Tambahan penghasilan ini dapat menjadi penyelamat di saat-saat sulit dan memberikan keleluasaan dalam mengelola keuangan

Kesimpulan

Intinya, kehidupan finansial yang lebih baik dimulai dengan langkah-langkah kecil dan keputusan bijak. Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat mengelola keuangan dengan lebih baik di akhir bulan sebelum gajian. Ingatlah, perubahan dimulai dari keputusan yang kamu ambil hari ini syukur kamu bisa lebih mempersiapkan akhir bulan kamu sejak awal sehingga tidak akan terjadi kesulitan di akhir bulan. Yuk terus kembangkan kemampuan finansial kita agar semakin nyaman dan berkah. In syaa Allah 
 

Referensi:

https://tafsirweb.com/1332-surat-ali-imran-ayat-200.html 
https://muslim.or.id/13427-bahaya-kebiasaan-berhutang.html

Redha Sindarotama

Quranic Reciter living in Yogyakarta. Actively teaching and spreading the beauty of Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button