Muslim LifestyleRejeki

Menikah Membuka Pintu Rezeki, Benarkah?

Pernikahan merupakan salah satu sunnah Rasulullah ﷺ yang dianjurkan untuk segera dilaksanakan bagi umat Islam yang telah mampu. Di balik pernikahan, terdapat banyak hikmah dan manfaat yang dapat diperoleh, salah satunya adalah pengaruhnya terhadap rezeki. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pernikahan terhadap rezeki dari sudut pandang agama dan hubungan rumah tangga. 

Perspektif Agama Islam tentang menikah

Dalam agama Islam, terdapat beberapa dalil yang menunjukkan urgensi menikah dalam Islam. Salah satunya adalah sabda Rasulullah ﷺ yang berbunyi: 

النِّكَاحُ من سُنَّتِي فمَنْ لمْ يَعْمَلْ بِسُنَّتِي فَليسَ مِنِّي ، و تَزَوَّجُوا ؛ فإني مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ

Menikah adalah sunnahku, barangsiapa yang tidak mengamalkan sunnahku, bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat) (HR. Ibnu Majah no. 1846, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 2383). 

Dari hadist tersebut, dapat dipahami bahwa pernikahan merupakan salah satu sunnah Rasulullah ﷺ yang dianjurkan untuk segera dilaksanakan. Selain itu, pernikahan juga diyakini dapat membuka pintu rezeki bagi pasangan suami istri. Hal ini berdasarkan firman Allah ﷻ dalam QS. An-Nur ayat 32 yang berbunyi: 

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ 

Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui (QS. An Nur: 32).

Secara lebih terperinci, terdapat beberapa alasan mengapa pernikahan dapat membuka pintu rezeki bagi pasangan suami istri dalam perspektif agama Islam, antara lain: 

Baca Juga:
Bagi Hasil Mudharabah dan Musyarakah dengan Nominal Tertentu, Bolehkah?
Adakah Keterkaitan Istighfar dengan Rezeki dan Keberkahan dari Allah ﷻ ?

Meningkatkan Rasa Syukur

Pernikahan dapat meningkatkan rasa syukur pasangan suami istri atas nikmat yang mereka peroleh. Rasa syukur ini dapat mengantarkan mereka kepada rezeki yang lebih berkah. Hal ini disebutkan dalam surat Ibrahim ayat 7: 

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ 

“Jika kalian mau bersyukur, maka Aku sungguh akan menambah nikmat bagi kalian.” (QS. Ibrahim: 7) 

Meningkatkan Amal Saleh

Pernikahan dapat mendorong pasangan suami istri untuk melakukan lebih banyak amal saleh. Amal saleh ini dapat menjadi salah satu faktor yang mendatangkan rezeki. 

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُون 

Barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS .An-Nahl: 97) 

Baca Juga:
Musyarakah dengan Bagi Hasil Tiering, Bolehkah? 
Bagaimana Sholat Dapat Mepengaruhi Rezeki?

Mendapatkan Do’a Orang Tua

Doa orang tua, khususnya doa ibu, sangatlah mustajab. Ketika seorang anak menikah, maka dia akan mendapatkan doa dari kedua orang tuanya untuk mendapatkan kebaikan dalam rumah tangga mereka, diantara kebaikan tersebut adalah rezeki yang berlimpah.  

Perspektif Hubungan Rumah Tangga 

Dari sudut pandang hubungan rumah tangga, pernikahan dapat memberikan dampak positif terhadap rezeki pasangan suami istri. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, antara lain: 

Meningkatkan Motivasi dan Semangat Kerja

Pernikahan dapat memberikan motivasi dan semangat kerja yang lebih tinggi bagi para suami. Hal ini karena mereka memiliki tanggung jawab untuk menafkahi keluarga.  

Baca Juga:
Menemukan Kekayaan Hakiki: Rasa Syukur atas Rezeki yang Telah Diberikan
Quantum Rezeki: Rahasia Berkah Melimpah dalam Ketaatan

Meningkatkan Rasa Bahagia dan Optimisme

Pernikahan dapat meningkatkan rasa bahagia dan optimisme suami istri. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan performa kerja mereka.  

Saling Mendukung dan Membantu

Suami istri dapat saling mendukung dan membantu dalam usaha mereka. Hal ini dapat meningkatkan peluang mereka untuk meraih kesuksesan.  

Memiliki Tujuan Hidup yang Lebih Jelas

Pernikahan dapat membuat pasangan suami istri memiliki tujuan hidup yang lebih jelas. Hal ini dapat memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras dan mencapai tujuan mereka.

Baca Juga:
Doa yang Berkaitan Dengan Rezeki
The Eight Categories of Asnaf: Who Qualifies for Zakat Distribution? 

Mengelola Keuangan dengan Lebih Baik

Pernikahan dapat mendorong pasangan suami istri untuk mengelola keuangan dengan lebih baik karena lebih banyaknya kebutuhan dan tujuan keuangan masa depan. Hal ini dapat membantu mereka untuk menabung dan mencapai tujuan keuangan mereka. 

Menikah merupakan sunnah Rasulullah ﷺ dan merupakan ibadah yang agung. Melakukan ibadah pernikahan berarti mengikuti tuntunan Rasulullah ﷺ dan menambah ganjaran di sisi Allah ﷻ Namun dalam melakukan ibadah pernikahan, tentunya ada kekhawatiran akan rezeki dan nafkah untuk keluarga terutama bagi para suami. Semoga mengetahui bahwa Allah ﷻ menjanjikan rezeki bagi orang yang menikah bisa menenangkan hati para suami dan pemuda yang ingin menikah.  

Baca Juga:
Creating a Waqf: Essential Conditions You Need to Know
Understanding the Different Types and Restrictions of Waqf Property 

Wallahu a’lam.

Referensi

  • Pejabat Mufti Wilayah Persekutuan – AL-KAFI #696 : BERNIKAH BOLEH MENDATANGKAN KEKAYAAN ? (n.d.). Muftiwp.gov.my. Retrieved April 15, 2024, from https://muftiwp.gov.my/ms/artikel/al-kafi-li-al-fatawi/2258-al-kafi-696-bernikah-boleh-mendatangkan-kekayaan 
  • ‌MSc, M. A. T. (2021, January 6). Menikah Membuka Pintu Rezeki, Ini Buktinya. Rumaysho.com. https://rumaysho.com/26201-menikah-membuka-pintu-rezeki-ini-buktinya.html 
  • Pendahuluan, B., & Konteks Penelitian, A. (n.d.). Retrieved April 15, 2024, from https://etheses.iainkediri.ac.id/11574/1/931110817_bab1.pdf 
  • Purnama, Y. (2019, March 1). Menikahlah, Engkau Akan Dapatkan Semua Keutamaan Ini! Muslimah.or.id. https://muslimah.or.id/10964-menikahlah-engkau-akan-dapatkan-semua-keutamaan-ini.html 
  • MSc, M. A. T. (2014, July 11). Syukur Akan Terus Menambah Nikmat. Rumaysho.com. https://rumaysho.com/8176-syukur-akan-terus-menambah-nikmat.html 
  • Diantara Sebab Meraih Harta Adalah Amal Shalih | Almanhaj. (2018, March 23). Almanhaj.or.id. https://almanhaj.or.id/8658-diantara-sebab-meraih-harta-adalah-amal-shalih.html 

Devin Halim Wijaya

Master student in IIUM (Institute of Islamic Banking and Finance) | Noor-Ummatic Scholarship Awardee

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button