AqidahBisnisEkonomi IslamFiqih MuamalahInvestasiKeuanganManajemen FinansialMuslim LifestyleUncategorized

6 Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Konten Kreator di Era DigitalĀ 

Perkembangan digitalisasi yang semakin melesat merubah cara masyarakat berbisnis, yang semula masyarakat masih memakai cara konvensional kini mereka mulai beralih untuk menggunakan digitalisasi pada bisnisnya. Baik secara promosi maupun katalog produk. Dengan perkembangan digitalisasi ini memunculkan peluang baru dalam berbisnis salah satunya adalah Konten Kreator.Ā 

Konten kreator bermunculan dalam berbagai media digital baik dalam bentuk tulisan, gambar, video, maupun perpaduan dari ketiganya. Mereka tidak memerlukan kantor dan dapat dikerjakan dengan waktu yang fleksibel. Dengan menjamurnya konten kreator hari ini maka setiap kreator memerlukan strategi terbaik untuk menarik audiensnya. 

Baca Juga: 4 Tips Berdagang Ala Rasulullah: Berbisnis dengan BerkahĀ 

Berikut ini merupakan peluang bisnis sebagai konten kreator: 

1. Raih Cuan dari Iklan 

Iklan merupakan salah satu sumber penghasilan bagi konten kreator melalui program iklan yang disediakan oleh platform media sosial seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Semakin besar jumlah audiens maka semakin besar potensi pendapatan yang didapatkan dari iklan ini. Sehingga para konten kreator harus menyajikan video yang menarik untuk menarik audiens yang relevan dengan audiens yang ingin mereka capai. 

Menurut pandangan hukum ekonomi syariah pendaptan kreator melalui iklan ini itu diperbolehkan. Karena menggunakan akad syirkah abdan, yaitu kerja sama antara dua orang atau lebih untuk melakukan suatu usaha atau pekerjaan, yang kemudian hasilnya dibagi sesuai kesepakatan bersama. Namun dengan catatan di dalam tidak terdapat konten yang dilarang oleh Syariat Islam dan tidak melanggar aturan yang telah disetujui dari pedoman komunitas platform yang digunakan. Sehingga keduanya bertransaksi atas rasa suka sama suka. 

2. Sponsor dan Kemitraan 

Dengan menjadi Konten kreator kita juga berkesempatan untuk bekerja sama dengan merek atau perusahaan sebagai sponsor mereka. Baik itu dalam bentuk review produk, unboxing maupun hanya memajang produk mereka dengan kita membuat konten. Sehingga produk tersebut memiliki nilai tambah maupun kemudahan promosi. Di era digital saat ini, dengan berkolaborasi bersama perusahaan yang memberikan sponsor dan kemitraan ini bisa menjadi peluang bagi konten kreator untuk menjangkau audiens baru.Ā 

3. Penjualan Produk Sendiri 

Peluang lainnya sebagai konten kreator tidak hanya berkesempatan untuk mempromosikan produk orang lain saja. Kita juga dapat membuat dan mempromosikan produk kita sendiri. Ada banyak konten kreator yang kini juga membuat bisnis sendiri setelah mendapat audiens yang besar. Hal ini akan lebih memudahkan mereka untuk memasarkan bisnisnya karena audiensnya sudah terbentuk. Baik itu berupa merchandise, produk digital, dan kursus online.

Baca Juga: Jujur Adalah Syariat:Ā Bukan Sekedar Untuk Meraih Kepercayaan Bisnis Pelanggan Saja

4. Donasi dan Langganan 

Kini beberapa platform media sosial meluncurkan beberapa fitur baru. Diantaranya fitur donasi dan langganan. Fitur donasi memberikan peluang bagi kreator untuk mendapat penghasilan tambahan tanpa harus menyajikan konten tambahan sedangkan fitur berlangganan membuat kreator mendapat penghasilan tambahan namun mereka harus menyajikan konten eksklusif yang hanya bisa diakses bagi penggemarnya saja. Hal ini membangun kedekatan lebih bagi kreator dan penggemarnya. 

5. Affiliate Marketing 

Beberapa media sosial memiliki fitur yang bisa membuat kreator untuk memaksimalkan affiliate marketing. Seperti Instagram dan Tiktok. Biasanya audiens meminta kreator untuk memberi rekomendasi produk yang mereka pakai kemudian menyertakan link pembeliannya. Dengan penyertaan link tersebut kreator bisa memiliki pendapatan tambahan dan audiens bisa mendapatkan informasi produk yang mereka inginkan. 

6. Konsultasi dan Pelatihan 

Konten kreator yang fokus dalam edukasi sering sekali membuka kelas atau pelatihan yang dapat diikuti oleh audiens nya. Hal ini tidak hanya membangun kedekatan antara mereka namun audiens juga dapat mendalami bidang yang konten kreatornya pelajari. Sehingga konten kreator tidak hanya memperluas pengaruh mereka, tetapi juga membuka peluang bisnis baru. 

Ada berbagai peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan sebagai konten kreator mulai dari iklan, kemitraan, menjual produk sendiri, memanfaatkan fitur yang tersedia di media sosial, affiliate, dan membuka pelatihan. Namun faktor kesuksesan sebagai konten kreator tidak hanya pada kreativitas tetapi juga padi konsistensi, kualitas konten, dan hubungan yang dibangun dengan audiens. Dengan memanfaatkan peluang-peluang tersebut, konten kreator dapat mengubah hobi dan pengalaman mereka menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan.Ā 

6 Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Konten Kreator di Era DigitalĀ 
6 Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Konten Kreator di Era DigitalĀ 

Referensi

Hariyanto, A., & Putra, A. (2022). Konten Kreator Youtube Sebagai Sumber Penghasilan (Telaah Kritis Hukum Ekonomi Syariā€™ah). Al-Hukmi: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Keluarga Islam, 3(2), 243-262. 

Irnawati, I., Suhartono, S., Arsana, I. W., Zaman, A. Q., Widyatama, P. R., Kinanti, E., … & Uyun, Q. (2023). Peluang Bisnis Menjadi Konten Kreator di Kalangan Pemuda Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo pada Era Digital. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 6-12. 

Pohan, S., Amira, D. S., Widari, L. L., & Putri, N. M. Y. (2024). Fenomena Pengguna Aplikasi Fitur Affiliate Di Media Tiktok Untuk Menciptakan Peluang Bisnis. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora, 8(1), 41-45. 

Suyono, S., Suhari, S., Srinarwati, D. R., Lestari, B. B., Saputra, A. W., Almaulana, A. W., & Anugraheni, M. T. I. M. (2023). Peluang Bisnis Menjadi Konten Kreator Di Kalangan Remaja Milenial Pada Era Digital Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. Sewagati: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 161-167. 

Tri Alfiani

Master student in Islamic Finance Practice (MIFP), INCEIF President's Scholarship Awardee, Content and Social Media Specialist in Islamic Finance and Economy living in Kuala Lumpur, Malaysia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button